Seluk-beluk Instagram Marketing untuk Bisnis: Dimulai dari Mana, Ya?

Seluk-beluk Instagram Marketing untuk Bisnis: Dimulai dari Mana, Ya?

Kalau kamu bekerja di bidang marketing, kamu harus mempelajari seluk-beluk Instagram marketing. Ya, marketing lewat saluran tempat sosial yang satu ini udah jadi tolak ukur baru didalam dunia pemasaran.

Sejak diluncurkan tahun 2010, Instagram udah jadi keliru satu tempat sosial terpopuler di dunia. Menurut Omnicore, ada lebih dari satu miliar pengguna aktif Instagram tiap bulannya.

Awalnya, Instagram digunakan untuk mengunggah hasil fotografi penggunanya. Hingga pas ini, Instagram punya fungsi lebih dari sekadar mengunggah foto. Instagram kini digunakan sebagai medium pemasaran atau yang dikenal bersama dengan Instagram marketing.

Bagi mereka yang akrab bersama dengan tempat sosial, mengecek account Instagram adalah kesibukan yang pasti dilakukan tiap-tiap harinya. Tidak cuma foto, banyak informasi yang bisa didapatkan dari tempat sosial ini. Instagram kini udah jadi wadah bertukar informasi yang benar-benar penting keberadaannya.

Instagram bisa berisi konten berupa foto dan video yang ditambah bersama dengan caption. Dengan pilihan mem-posting di Feed, Instagram Story, ataupun IGTV, ada banyak type konten yang bisa dieksplor.

Berikut adalah tipe-tipe konten di Instagram yang lumayan diminati penggunanya:

Kutipan-kutipan penuh inspirasi Jasa Kelola Instagram Bali

Potret manusia

Pemandangan

Makanan dan minuman

Keseharian atau behind the scenes

Binatang

Kesenian

Berita dan informasi

Cerita

Masih banyak type konten di Instagram yang terus berkembang. Setelah memahami sebagian opsi konten yang bisa kamu buat, lihat langkah mengoptimalkan account Instagram kamu didalam Instagram marketing berikut ini.

1. Profil Instagram

Langkah pertama didalam Instagram marketing adalah menegaskan kamu punya profil yang baik dan keluar profesional.

Tuliskan nama produkmu bersama dengan jelas. Selain itu, pastikan kamu mencantumkan informasi terkait bisnismu. Misalnya no kontak yang bisa dihubungi, alamat terkecuali ada, jam membuka atau jam operasional, alamat web web, dan juga informasi lainnya yang bisa memudahkan pelanggan menjangkau produkmu.

Baca Juga: Mengenal Marketing 4.0, Strategi Pemasaran Baru di Era Digital

2. Akun Bisnis

Instagram membawa fitur untuk membedakan account bisnis, kreator, dan account personal. Dalam Instagram marketing, baiknya kamu menjadikan account kamu sebagai account bisnis.

Sebagai account bisnis, kamu bisa memberi tambahan penjelasan berkenaan akunmu. Ada banyak pilihan kategori yang bisa kamu menyesuaikan bersama dengan keperluanmu.

Jika kamu menjual produk makanan dan minuman, kamu bisa memilih kategori Food & Beverage. Bahkan, Instagram sedia kan pilihan yang lumayan spesifik.

Contohnya terkecuali kamu menjual pizza, kamu bisa memilih kategori Pizza Place. Penjelasan kategori account kamu akan keluar di bawah nama bisnismu.

Dengan begini, pengunjungakan lebih gampang mengetahui produk yang kamu tawarkan.

3. Pilih jam paling baik untuk posting

Langkah ketiga adalah mencari memahami jam paling baik untuk mem-posting konten ke account Instagram kamu.

Tenang, Instagram udah sedia kan fitur untuk memahami di pukul berapa followers kamu paling aktif.

Dengan memahami pas terbaik, maka kamu bisa memasarkan produk kamu secara maksimal. Apa yang kamu tampilkan di Instagram akan punya kesempatan lebih besar untuk diamati lebih banyak orang. Kamu pun bisa tingkatkan engagement bersama dengan para pengikut atau audience.

4. Engagement bersama dengan audienc

Masih terkait bersama dengan poin sebelumnya, engagement bersama dengan followers adalah keliru satu kunci penting didalam Instagram marketing.

Ada banyak konten yang tiap-tiap harinya beredar di tempat sosial Instagram. Untuk memasarkan produk, penting untuk menegaskan bahwa konten yang kamu posting menarik untuk audience.

Untuk itu, libatkanlah audience di tiap-tiap konten yang kamu post. Misalnya, kamu bisa memicu konten yang memancing audience supaya meninggalkan komentar di post tersebut.

Lebih baik ulang terkecuali konten yang kamu buat bisa mendorong siapa pun yang memandang konten berikut untuk membagikannya (share).

Baca Juga: Mengenal Content Marketing dan Peran Pentingnya Bagi Brand

5. Estetika

Salah satu yang membedakan Instagram bersama dengan tempat sosial lainnya seperti Twitter adalah keunggulannya dari faktor visual.

Oleh dikarenakan itu, penting untuk perhatikan estetika account Instagram usaha kamu. Tentukan pernah citra dan kesan seperti apa yang mengidamkan ditampilan kepada audience-mu.

Hal ini bisa di mulai bersama dengan memilih skema warna yang akan kamu memanfaatkan didalam tiap-tiap konten Instagram kamu. Menentukan skema warna akan memudahkan audience untuk mengingat konten dan produk kamu bersama dengan lebih mudah.

Ya, didalam Instagram marketing sesungguhnya penting untuk memanfaatkan jenis dan ciri khas yang konsisten.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apakah Mata Minus Bisa Masuk POLRI/TNI?

Cetak Biru Cara Berdagang Untuk Hidup

Signifikansi Koperasi